Kamis, 19 Mei 2011

Proses Riset Pemasaran


1.                 Menetapkan masalah dan tujuan riset
2.                 Mengembangkan Rencana riset
3.                 Mengimplementasikan rencana riset
4.                 Menginterprestasi dan melaporkan hasil riset         

Menetapkan Masalah Dan Tujuan Pemasaran

          Manajer pemasaran dan peneliti harus secara erat bekerjasama untuk merumuskan masalah dengan cermat dan mencapai kesepakatan, tentang tujuan-tujan riset.Manajer hrus cukup banyak mengetahui tentang riset pemasaran untuk dapat berperan serta didalam perencanaan.apabila manajer pemasaran hanya sedikit sekali paham akan riset pemasaran, mereka akan memperoleh informasi tidak benar.
          Menentukan masalah dan tujuan riset sering kali merupakan langkah yang paling sulit dalam proses riset pemasaran.

Mengembangkan Rencana Riset
          Tahap Kedua proses riset pemasaran menghendaki penentuan informasi yang dibutuhkan serta pengembangan suatu rencana untuk mengumpulkan informasi tersebut secara ifisien.

1.                 Menentukan kebutuhan informasi yang spesifik
2.                 Mengumpulkan informasi sekunder
3.                 Merencanakan pengumpulan data primer

Data sekunder menimbulkan berbagai masalah,informasi yang dibutuhkan mungkin tidak tersedia peneliti jarang dapat memperoleh semua data yang mereka butuhkan dari sumber-sumber sekunder.


Melaksanakan Rencana Riset

          Pelaksanaan ini mencangkup pengumpulan,pengolahan,serta analisis informasi.Pengumpulan data dapat dilakukan oleh staf riset pemasaran perusahaan dari luar.


Menginterprestasikan dan Melaporkan Temuan-Temuan Riset

          Peneliti harus menginterprestasikan hasil-hasil riset, menarik kesimpulan tentang implikasinya dan melaporkannya kepada meanajemen.peneliti sebaiknya tidak perlu menjejali manajemen dengan angka-angka dan teknik-teknik statistic yang muluk-muluk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar