Senin, 16 Mei 2011

Koperasi

Koperasi dilahirkan sebagai badan usaha dengan tujuan lugas untuk memajukan kepentingan ekonomi dari anggota-anggotanya. Latar belakang kelahirannya telah memberikan cirri khusus kepada koperasi berbeda dengan bentuk usaha yang lain. Koperasi sebagai bentuk seperti yang kita kenal sekarang ini dilahirkan kira-kira satu setengah abad yang lalu di Eropa Barat dalam suatu system social ekonomi kapitalis liberal yang disarankan sebagai penekanan dan penghisapan oleh yang kuat terhadap yang lemah.
Koperasi dari perkataan Co dan operation yang mengandung arti bekerjasama untuk mencapai tujuan. Pengertian koperasi menurut UU koperasi tahun 1967 No.12 tentang pokok-pokok perkoperasian, sebagai berikut :
Koperasi Indonesia adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial, beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan (anoraga dan Widiyanti,2000:18)
2.1.2 Jenis-Jenis Koperasi
Berbagai macam koperasi lahir seirama dengan aneka jenis usaha untuk memperbaiki kehidupan. Oleh karena banyak macamnya dari kebutuhan tersebut, maka lahirlah pula jenis-jenis koperasi yang dibagi dalam 5 jenis sebagaimana yang dikemukakan dalam buku ”Ekonomi Koperasi dan Manajemen” (Ropke,2003:16) yaitu :
1.      Koperasi Konsumsi
Barang konsumsi adalah barang kebutuhan sehari-hari, misalnya barang pangan, barang sandang dan barang pembantu keperluan sehari-hari. Tujuan koperasi adalah agar para anggotanya dapat membeli barang-barang dengan mutu yang baik dan harga yang layak. Usaha-usaha koperasi konsumsi sebagai berikut :
a.       Membeli barang-barang konsumsi keperluan sehari-hari dalam jumlah yang besar sesuai dengan kebutuhan anggota.
b.      Menyalurkan barang konsumsi pada anggota dengan harga layak.
c.       Berusaha membuat sendiri barang konsumsi untuk keperluan anggota.
2. Koperasi Simpan Pinjam
Koperasi menerima simpanan-simpanan dan deposito dari para anggotanya serta memberikan pinjaman bagi anggota yang sama. Tujuan dari koperasi kredit adalah :
a.       Membantu keperluan kredit para anggota yang sangat membutuhkan dengan syarat-syarat yang ringan.
b.      Mendidik para anggota, supaya giat menyimpan secara teratur sehingga membentuk modal sendiri.
c.       Mendidik anggota hidup berhemat, dengan menyisihkan sebagian pendapatan
d.      Menambah pengetahuan tentang perkoperasian.


3. Koperasi Produksi
Koperasi produksi sebagai suatu badan usaha yang dimiliki oleh para karyawan/pekerjanya (koperasi produsen). Terdapat 2 macam koperasi produksi :
a.       Koperasi produksi kaum buruh, anggotanya terdiri atas orang-orang yang tidak punya perusahaan sendiri.
b.      Koperasi produksi kaum produsen yang anggotanya adalah orang-orang yang masing-masing memiliki perusahaan sendiri.
4. Koperasi Jasa
Koperasi jasa diorganisir untuk dapat melayani para anggotanya dengan pelayanan yang lebih meningkat pelayanan yang dapat diusahakan meliputi : asuransi, kredit, telepon, irigasi dan pengairan, rumah sakit, auditing, fasilitas komputer pemrosesan data, dan lain-lain.
5. Koperasi Serba Usaha
Koperasi serba usaha yaitu koperasi yang menyelenggarakan usaha lebih dari satu macam kebutuhan ekonomi atau kepentingan ekonomi para anggotanya. Biasanya koperasi demikian tidak dibentuk sekaligus untuk melakukan bermacam-macam usaha, melainkan makin diperluas, karena kebutuhan anggotanya makin berkembang, kesempatan usaha yang terbuka dan sebab-sebab lain. 

1 komentar:

  1. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    BalasHapus