Kamis, 19 Mei 2011

MONOPOLI

MENGAPA MONOPOLI MUNCUL

Suatu perusahaan disebut monopoli (monopoly) jika perusahaan itu adalah satu-satunya penjual suatu barang dan jika barang tersebut tidak ada barang substitusinya. Penyebab yang paling mendasar dari munculnya monopoli adalah hambatan untuk masuk: Suatu monopoli terus menjadi pemain tunggal di pasarnya karena perusahaan-perusahaan lain tidak mampu masuk ke pasar itu dan bersaing dengannya. Hambatan untuk masuk ini timbul akibat tiga hal utama:
·        Suatu sumber daya inti hanya dimiliki oleh satu perusahaan.
·        Pemerintah memberikan hak eksklusif kepada satu perusahaan untuk membuat barang atau jasa tertentu.
·        Biaya produksi barang tersebut untuk satu produsen lebih efisien daripada untuk banyak produsen.

MONOPOLI SUMBER DAYA

Cara paling sederhana bagi suatu perusahaan untuk melakukan monopoli adalah dengan memiliki sumber daya pokok. Sebagai contoh adalah keadaan pasar untuk air di sebuah kota kecil di era Old West (Amerika di pertengahan abad ke-19). Jika hanya ada satu sumur di kota itu dan tidak ada kemungkinan untuk mendapatkan air dari tempat lain, maka pemilik sumur itu memiliki hak monopili air. Si pemonopoli memiliki kekuatan pasar yang jauh lebih besar daripada perusahaan apapun di pasar yang kompetitif. Jika barang yang dijual benar-benar merupakan kebutuhan, seperti air, maka si pemonopoli dapat meminta harga yang sangat tinggi, meskipun biaya marginalnya rendah.

Monopoli yang Diciptakan oleh Pemerintah

Monopoli terjadi karena pemerintah telah memberikan hak eksklusif kepada seseorang atau suatu perusahaan untuk menjual barang atau jasa.
Hak paten dan hak cipta adalah dua contoh penting mengenai bagaimana pemerintah menciptakan monopoli untuk melayani keinginan publik. Ketika sebuah perusahaan farmasi menemukan suatu obat baru, perusahaan tersebut dapat mendaftarkan hak paten atas obat itu kepada

pemerintah. Jika pemerintah menganggap obat tersebut benar-benar baru, hak paten akan dikeluarkan sehingga perusahaan farmasi itu memiliki hak tunggal untuk membuat dan menjual obat tersebut.
 Dampak-dampak dari hak paten dan hak cipta dapat dilihat dengan mudah. Karena aturan tersebut memberikan kekuasaan kepada suatu produsen untuk memonopoli pasar, maka harga barang-barang yang diproduksinya akan jauh lebih tinggi daripada seandainya barang tersebut dijual di pasar yang kompetitif. Namun, dengan diizinkannya pemonopoli ini untuk menjual barangnya dengan harga yang lebih tinggi, dan mengambil lebih banyak untung, maka hal-hal yang diharapkan bisa terjadi.
Maka dari itu, aturan-aturan mengenai hak paten dan hak cipta memiliki sisi positif dan sisi negatif. Sisi positif dari hak paten dan hak cipta adalah adanya insentif yang lebih tinggi untuk mendorong aktivitas kreatif. Sementara itu, sisi negatifnya akan muncul akibat harga yang ditentukan di pasar monopoli.
                                                                                              
Monopoli Alamiah

Suatu industri disebut monopoli alamiah (natural monopoly) jika suatu perusahaan dapat menyediakan barang atau jasa pada seluruh pasar yang membutuhkannya dengan biaya yang lebih rendah daripada dua atau tiga perusahaan sekaligus. Suatu monopoli alamiah muncul ketika terdapat skala ekonomi (economies of scale) di suatu daerah output tertentu yang relevan.
Suatu contoh monopoli alamiah adalah distribusi air. Untuk memberikan air kepada penduduk suatu kota, sebuah perusahaan harus membangun jaringan pipa di seluruh kota. Jika terdapat dua perusahaan atau lebih sekaligus yang berkompetensi dalam penyediaan jasa ini, masing-masing perusahaan harus membayar biaya tetap berupa pembangunan jaringan. Maka dari itu, biaya total rata-rata dari penyediaan air ini akan minimal jika hanya ada satu perusahaan yang melayani seluruh pasar.
Ketika suatu perusahaan merupakan monopoli alamiah, perusahaan tersebut tidak akan terlalu peduli dengan perusahaan-perusahaan baru yang masuk ke pasar itu dan mengurangi kemampuan monopolinya. Umumnya, suatu perusahaan menemui kesulitan dalam menjaga posisi monopolinya jika perusahaan tersebut tidak memiliki suatu sumber daya inti atau perlindungan dari pemerintah. Keuntungan si pemonopoli menarik pihak-pihak lain untuk masuk ke pasar, dan pihak-pihak yang baru ini membuat pasar tersebut lebih kompetitif. Sebaliknya, masuk ke


pasar di mana terdapat perusahaan lain yang merupakan monopoli alamiah tidaklah menarik. Perusahaan-perusahaan yang berminat untuk masuk sadar bahwa mereka tidak dapat mencapai tingkat biaya yang sama rendahnya dengan si pemonopoli karena, setelah mereka masuk ke pasar, masing-masing harus berbagi jumlah permintaan di pasar itu.

3 komentar:

  1. Minta contoh monopoly by nature kak

    BalasHapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  3. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :) Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino


    Bandar Poker Terpercaya
    Agen Poker Pkv Terpercaya
    Agen Poker Deposit Pulsa
    Agen Poker pkv Terbaik
    Agen Poker pkv
    Agen Poker Pkv Deposit Pulsa
    Agen Poker Online Banyak Bonusnya
    Agen Bandar Poker Pkv
    AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA POKERVVIP
    Lapak Poker Online Terbaik

    BalasHapus